Ervan Fauzi Pranasta
Blog Universitas Komputer Indonesia

6 Jenis Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah Agar Kamu Selalu Fit dan Segar Dalam Beraktivitas Sehari-hari!

Jika kamu seorang yang sering capek dan malas bergerak kamu pasti akan mudah terserang penyakit kemudian anda bisa saja masuk Rumah Sakit, sebaliknya jika kamu selalu melakukan kegiatan berolahraga secara teratur maka kamu dipastikan selalu aktif dan sehat secara jasmani. Di zaman globalisasi ini banyak sekali jenis olahraga yang telah menyebar dan kemudian diikuti oleh masyarakat di berbagai negara salah satunya adalah negara Indonesia.

Orang Indonesia memang mudah mengadopsi dan meniru berbagai pola hidup yang sedang trend salah satunya adalah bidang olahraga, ya tentu saja dengan maksud baik yakni untuk semakin menciptakan kesadaran hidup sehat dengan berolahraga, jadi tidak ada salahnya jika kamu juga mencontoh hal yang baik dan dijadikan kebiasaan atau hobi apalagi sangat berguna bagi kesehatanmu.

Oleh karenanya penting bagi kamu untuk mengetahui berbagai jenis olahraga berikut ini agar kamu tidak mudah terserang penyakit dan selalu fit dan segar dalam beraktivitas sehari-hari;

1. Jogging 
1
 
Jogging bersama teman membuatmu tidak bosan sendiri Via: tobaccofreedelco.com

Jogging adalah gerakan berlari dengan kecepatan rendah dan gerakan berlari ini masuk dalam kategori aerobik. Kata Jogging digunakan pertama kali oleh William Shakespeare dalam tulisannya berjudul Taming of the Shrew. Di Amerika orang menyebut jogging dengan nama “roadwork”, yang berarti gerakan berlari ringan, biasanya kata roadwork digunakan sebagai kata untuk pemanasan bagi para pelari.

Jogging memiliki manfaat yang baik bagi jantung, dan juga membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Kamu yang rajin jogging bisa mendapatkan tubuh yang proporsional jika dilakukan dengan baik dan teratur. terlepas dari semua manfaat jogging yang luar biasa, jogging pastinya bisa membuat mu sehat apalagi jika kamu melakukannya di pagi hari atau di sore hari. Olahraga Jogging ini sangat praktis karena kamu bisa lakukan di kompleks rumah, atau jika kamu memiliki halaman rumah yang luas kamu bisa menggunakannya sebagai arena joggingmu setiap hari.

Lakukan jogging 2-3 kali perminggu dengan maksimal waktu dalam seminggu 1- 2,4 jam, dijamin kesehatanmu bisa terjaga dan aktivitas mu dapat berjalan dengan lancar, dan pastinya umur mu akan bertambah karena kamu selalu sehat.

2. Yoga
1
 
Mulailah olahraga Yoga dengangerakan dasar Via: bbc.co.uk


Yoga berasal dari ajaran agama Hindu, yang berarti penyatuan, oleh seorang filsuf Hindu bernama Maharsi Patahnyali. Yoga merupakan jenis olahraga yang bisa kamu lakukan sendiri di rumahmu dan olahraga ini memerlukan keseriusan dan ketenangan agar kamu bisa bermeditasi, olah tubuh dan latihan pernapasan.

Kamu pasti tidak asing bila mendengar nama olahraga yoga, karena di Indonesia sudah banyak yogis (orang yang ahli dan bisa melatih yoga) membuka kelas yoga bagi kamu yang ingin berlatih yoga dengan profesional. Kamu tidak perlu khawatir jika harus mengeluarkan ekstra uang untuk melakukan olahraga yoga dengan harga yang mahal karena sekarang kamu juga bisa beryoga di rumah mu sendiri tentunya dengan panduan baik melalui tayangan di youtube ataupun kamu bisa membeli Copy disk (CD) tentang yoga di toko yang menjual perlengkapan olahraga atau toko kaset.

Gerakan-gerakan yoga biasanya bagi pemula dimulai dengan gerakan dasar yang tidak begitu sulit, kemudian setelah kamu sudah menguasai dasarnya, kamu bisa membentuk pasangan atau berkelompok untuk melakukan gerakan-gerakannya secara bersama. Yoga yang sedang booming adalah dilakukan bersama pasangan, baik pacar, suami istri atau kakak dan adik, pastinya seru karena kamu juga bisa semakin meningkatkan keakraban dan kepercayaan satu sama lain.

3. Senam 
1
 
Orang hamil pun bisa melakukan senam, yakni senam hamil Via: alodokter.com

menggunakan musik sebagai pengiring gerakan. Senam yang paling banyak dikenal di Indonesia adalah senam kesegaran jasmani atau SKJ, dimana senam SKJ biasa digunakan di lembaga pendidikan dari Tk, SD, SMP hingga SMA untuk mata pelajaran olahraga. Senam memiliki banyak jenis dan memakai berbagai alat bantu untuk melakukannya.

Senam terbagi atas tiga bagian yakni pemanasan (warm up), gerakan inti senam dan pendinginan untuk penutup gerakan senam. Bila kamu melakukan gerakan senam secara teratur kamu bisa melatih kekuatan otot dan kelenturan serta memberikanmu kesehatan karena saat senam semua anggota tubuh mu ikut bergerak dan kamu bisa mengeluarkan keringat dengan cepat. Lakukan senam saat pagi hari ketika baru bangun tidur untuk membantumu melemaskan otot-ototmu yang tidak digerakkan saat tertidur.

4. Lompat Tali Skipping 
1
 
Lompat skipping di dalam rumah adalah olahraga yang tidak mengeluarkan biaya Via:woman.thenest.com 

Mungkin bagi sebagian orang melompat skipping adalah gerakan yang sulit dilakukan apalagi jika kamu tidak bisa seimbang saat melompat. Tidak perlu takut kamu bisa latihan secara perlahan dengan kecepatan yang lambat tentunya, karena jika kamu paksakan dengan gerakan cepat kamu bisa terjatuh atau tali bisa mengenai kakimu dan membuat lecet pada kulitmu. Namun bagi kamu yang sudah biasa dan bisa lompat tali skipping kamu bisa melakukan di rumahmu dengan kecepatan yang konstan atau tetap, sebelum melompat pastikan kamu sudah melakukan pemanasan terlebih dahulu agar kakimu tidak keseleo atau twist.

Lakukan lompat tali skipping sebanyak yang kamu mampu, jika bisa lakukan hingga kamu mengeluarkan keringat dan detak jantungmu berdetak dengan kencang, misalnya 30 sampai 50 putaran tanpa henti, lalu lakukan berulang nonstop selama 15-30 menit, olahraga melompat tali skipping membantumu untuk menguatkan otot kaki dan pergelangan tangan.

5. Olahraga Naik-Turun Tangga 
1
 
Olahraga naik atau turun tangga membutuhkan fokus agar tidak terjatuh Via:articles.chicagotribune.com

Olahraga ini sangat mudah dilakukan karena yang kamu perlukan hanya naik dan menuruni tangga, dengan kecepatan tetap serta dengan pijakan kaki yang benar tidak akan membuat mu terjatuh. Kamu bisa melakukan dirumah saat kamu memiliki waktu luang, atau jika kamu tinggal di apartemen kamu bisa menggunakan tangga darurat sebagai media mu untuk olahraga naik turun tangga.

Olahraga ini memang membuatmu seperti orang kurang kerjaan akan tetapi efeknya sangat bagus karena selain melatih otot kaki dan jantungmu, olahraga naik turun tangga juga membuatmu fokus terhadap sesuatu, karena saat menaiki tangga dan menuruni tangga jika kamu kurang fokus maka kamu bisa salah langkah dan kakimu bisa terkilir, jika dirasa parah anda bisa membawanya ke rumah sakit terdekat.  

6. Stretching atau Latihan Fisik 
1
 
Melakukan latihan fisik penting untuk menjaga kesehatanmu Via:livescience.com

Stretching adalah bentuk olahraga sama halnya dengan senam namun biasanya stretching tidak menggunakan musik, hanya menggunakan ritme hitungan atau counting. Contoh Gerakan stretching sangat sederhana seperti sit up, push up, dan squat.

Jadi yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan gerakan stretching dengan beberapa hitungan misalnya 1-8 dalam sekali gerakan lakukan berbagai gerakan secara nonstop hingga 20-30 menit sehari maka kamu bisa mendapatkan hasil otot lengan, kaki dan perut yang kuat, serta pastinya kamu bisa memiliki tubuh yang sehat, fit dan tidak mudah terserang penyakit.

Demikianlah beberapa tips olahraga yang bisa kamu lakukan dirumah, untuk mendapat hasil yang sempurna yakni tubuh yang sehat, fit dan bugar setiap hari, pastinya kamu harus rajin berolahraga dan mencoba satu dari enam jenis olahraga diatas.

Oh ya, ajak orang rumah atau anggota keluarga lainnya bila perlu teman-temanmu untuk melakukan olahraga diatas agar kamu tidak bosan melakukannya sendirian, paling seru bersama pasanganmu loh dijamin gak bakal bosan, dipastikan dapat sehatnya dan kompaknya semakin meningkat.

sumber:listrumahsakit.com
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 03 September 16 - 00:20 WIB
Dalam Kategori : JENIS OLAHRAGA
Dibaca sebanyak : 1804 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback